7 Penyebab Umum Gatal Pada Kulit, dari Kutu Sampai Kanker

7 Penyebab Umum Gatal Pada Kulit, dari Kutu Sampai Kanker

Bonus harian di Keluaran HK 2020 – 2021.

Suara. com – Kulit merupakan salah mulia bagian tubuh yang sangat terbuka. Sering kali kulit terasa gatal begitu saja tanpa diketahui apa penyebabnya.

Namun tentu saja, banyak ciri yang menyebabkan kulit terasa gatal. Di bawah ini terdapat kira-kira faktor yang dapat menjadi pasal kulit gatal seperti yang telah Suara. com kutip di Aad. org.

1. Kulit terlalu kering
Kulit kering  berpotensi menghasilkan rasa gatal dengan sendirinya. Oleh karena itu, orang yang yang memiliki kulit kering cenderung semoga merasa gatal.

2. Gigitan insect
Gigitan serangga dapat menjadi salah satu penyebab indra peraba manjadi gatal. Dikatakan rasa gatal pada kulit, lama atau tidaknya tergantung kepada serangga yang menggigit kulit orang tersebut. Misalnya, gigitan nyamuk atau semut cenderung menyebabkan rasa gatal, tetapi tidak bertahan lama.

Baca Selalu: Waduh! Penerima Vaksin Covid-19 Pfizer Bereaksi Alergi

Di sisi lain terdapat beberapa serangga kecil yang dapat menyebabkan rasa gatal berlebih dan bertahan lama. Serangga ini antara lain kutu busuk, kutu rambut, dan tungau. Hewan kecil ini bisa menyebabkan rasa gatal yang parah dan tahan lama.

3. Penyakit indra peraba yang membuat rasa gatal
Terdapat beberapa penyakit kulit yang membuat rasa gatal tumbuh, penyakit tersebut antara lain dermatitis atopik, cacar air, hives, kurap, dermatitis seboroik, herpes zoster, & lain-lain.

Jika terjadi rasa gatal sebab penyakit tersebut diharuskan untuk mendapat konsultasi dari dokter untuk pengobatannya. Biasanya dokter akan memberikan obat penghilang rasa gatal.

4. Kanker kulit
Rasa gatal bisa disebabkan oleh kanker kulit. Lazimnya penyakit kanker kulit ditandai dengan bintik atau bercak yang tampak ke permukaan. Bintik tersebut akan menyebabkan rasa gatal pada indra peraba. Jika muncul gejala tersebut, diusahakan untuk menemui dokter untuk memperoleh penanganan.

5. Tanda atau rujukan suatu penyakit
Rasa gatal yang muncul, tetapi tidak diketahui penyebab pastinya apa dapat menjadi tanda atau peringatan suatu penyakit. Berbagai penyakit yang berpotensi karena munculnya rasa gatal kurun lain penyakit darah, diabetes, penyakit ginjal, HIV, dan lain-lain

Baca Juga: Ruam Pada Kulit Jadi Salah Satu Gejala Klinis Covid-19

Gatal sering terjadi pada orang dengan memiliki penyakit yang memengaruhi darahnya, seperti limfoma Hodgkin atau limfoma sel-T kulit. Hal ini selalu bisa menjadi tanda penyakit ginjal lanjut dan sering berkembang di orang yang hampir membutuhkan dialisis atau sedang menjalani dialisis.

Releated

Lokasi Populer untuk Dikunjungi saat Liburan di Kaluaran

Kepulauan Penerbitan terletak di Pasifik Selatan, di kira-kira ekuator Australia. Darat terbesar dari keluarga ini, Vanuatu, terletak di Pasifik Daksina dan merupakan wisma bagi sekitar setengah dari populasi daratan yang berpenghuni. Itu adalah pulau tropis dan memiliki drainase laut dan bumi. Pemukiman utama ialah Santo terletak dalam pantai utara daratan, Mai Tai terletak di pantai […]