Ada Tenaga Kesehatan Promosikan Susu Formula, Laporkan Saja!

Ada Tenaga Kesehatan Promosikan Susu Formula, Laporkan Saja!

–>

Suara. com – Pemerintah zaman ini tengah gencar mempromosikan kegiatan memberikan ASI pada anak. Dengan begitu pemerintah pemerintah berupaya menyekat penjualan susu formula yang beredar.

Penasihat Jenderal Kesehatan Masyarakat (Dirjen Kesmas) Kemenkes Kirana Pritasari mengatakan bila tenaga kesehatan (nakes) memang dilarang mempromosikan saat memberikan edukasi pada masyarakat.

“Rumah sakit, fasilitas kesehatan, tidak dapat lakukan hal itu (promosi susu formula), ” ujar Kirana dalam diskusi webinar Invest ASI Nusantara beberapa waktu lalu.

Untuk menegakkan hal ini, pemerintah meminta untuk segera melaporkan nakes yang mempromosikan susu formula, kepada pihak terkait, serupa dinas kesehatan dan BPOM daerah. Semua hal itu seperti dengan telah tertuang dalam regulasi dan aturan yang sudah dibuat Kemenkes.

Ilustrasi susu, keju dan yogurt. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi susu. (Sumber: Shutterstock)

Menurut Nur, produsen susu formula ini telah diberi aturan tidak boleh propaganda berlebihan kepada para ibu, laksana memberikan iming-iming hadiah, diskon, hingga produk gratis dan sebagainya.

Bahkan kata pendahuluan Kirana, di lokasi bencana seolah-olah banjir atau gempa bumi sedekah susu formula dihindari. Apalagi bila mengingat lokasi bencana yang tidak memungkinkan tidak ada air bersih, higienitas, fasilitas memasak air & sebagainya.

“Jadi edukasi harus didukung sektor. Kami Kemenkes memperkuat demain (pemintaan) agar mereka (masyarakat) sadar, dengan pertama dan utama adalah ASI, ” katanya.

Sementara jika anak lepas dibanding ASI eksklusif selama 6 kamar. Maka pemberian ASI tetap dikerjakan tapi dibarengi dengan makanan pembantu ASI (MPASI), hingga 2 tahun.

“Setelah 6 bulan ada MPASI dengan bisa kita berikan dengan makanan keluarga kita. Tidak perlu makanan lain yang harus kita beli, sama dengan makanan keluarga akan tetapi karena anak masih usia tujuh bulan 8 bulan maka serasi kemampuan dia mencerna, ” menutup Kirana.

Releated

Lokasi Populer untuk Dikunjungi saat Liburan di Kaluaran

Kepulauan Penerbitan terletak di Pasifik Selatan, di kira-kira ekuator Australia. Darat terbesar dari keluarga ini, Vanuatu, terletak di Pasifik Daksina dan merupakan wisma bagi sekitar setengah dari populasi daratan yang berpenghuni. Itu adalah pulau tropis dan memiliki drainase laut dan bumi. Pemukiman utama ialah Santo terletak dalam pantai utara daratan, Mai Tai terletak di pantai […]