Cegah Kembung dan Sembelit, Coba 4 Hal Ini Usai Makan Berat dan Berminyak

Cegah Kembung dan Sembelit, Coba 4 Hal Ini Usai Makan Berat dan Berminyak

Suara. com – Sesekali waktu Anda barangkali bisa terjebak di antara makanan berat, seperti makanan berminyak maka bersantan. Makanan-makanan tersebut memang nikmat namun bisa berefek buruk di kesehatan.

Oleh karena itu, untuk meminimalisir efek dari makanan berat, Anda harus mengimbanginya dengan akivitas sesudah konsumsi makanan tersebut.

Melansir dari Healthshots , berikut beberapa situasi yang harus Anda lakukan sudah makan berat, antara lain:

1. Minum Air Hangat

Baca Juga: Cegah Jerawat hingga Diabetes, Yuk Kurangi Konsumsi Gula Secara Perlahan

Jika Anda sering makan makanan berminyak, minumlah segelas air mesra. Meminum air hangat akan membangun Anda menenangkan dan mengaktifkan bentuk pencernaan.

Air berfungsi sebagai pembawa nutrisi dan produk limbah. Jadi, menelan air hangat membantu penguraian nutrisi menjadi bentuk yang dapat dicerna. Saat Anda makan namun tak minum maka usus kecil hendak menyerap air dari makanan yang Anda konsumsi. Hal ini yang kemudian akan menyebabkan dehidrasi serta sembelit.

Cegah Kembung dan Sembelit, Coba 4 Hal Ini Usai Makan Berat dan Berminyak - 1

2. Jalan-jalan

Setelah mengonsumsi makanan berat, Anda bisa mengalami kembung dan rasa tak nyaman pada perut. Berjalan kaki singkat semasa 20 menit setelah makan berat dapat membuat pencernaan menjadi lancar.

Berlaku juga membantu menurunkan berat awak.

Baca Juga: Cobalah Makan 2 Berhimpun Sehari, Efek Seperti Ini dengan Akan Terjadi

3. Jauhi Makanan atau Minuman Dingin

Makanan atau minuman dingin setelah dahar makanan yang berat atau berminyak bisa berdampak buruk pada besar, lambung, dan usus. Makanan mengandung yang sulit dicerna jika dikombinasikan dengan minuman dingin akan menghasilkan sistem pencernaan mengalami tekanan yang berlebihan.

Ilustrasi es teh. (Shutterstock)
Ilustrasi es teh. (Shutterstock)

4. Rencanakan Makanan Berikutnya

Jika Anda makan berlemak atau mengandung secara berlebihan, Anda harus menyungguhkan bahwa makanan berikutnya adalah rendah. Cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran bersamaan dengan menambahkan takaran protein.

Releated