Dibanding Roti Tawar, Roti Gandum Lengkap Dinilai Lebih Menyehatkan!

Dibanding Roti Tawar, Roti Gandum Lengkap Dinilai Lebih Menyehatkan!

Suara. com awut-awutan Ada berbagai macam roti, tetapi dua jenis dengan paling umum adalah roti tawar dan roti gandum. Meski keduanya terbuat dari biji-bijian, ada memperlawankan kesehatan utama antar keduanya.

Dilansir Insider , roti gandum utuh umumnya lebih sehat daripada roti tawar. Berikut beberapa perbedaan kesehatannya:

1. Roti gandum mengandung bertambah sedikit kalori

Roti putih barangkali memiliki sekitar 120 kalori, namun roti gandum hanya mengandung 100 kalori. Namun, perbedaan kadungan kalori akan bervariasi berdasarkan merek.

Baca Juga: Mengandung Banyak Nutrisi, Ini 5 Manfaat Buah Tin Untuk Tubuh

Rendahnya kalori ini bisa menjelma pilihan Anda yang sedang mematuhi program penurunan berat badan.

dua. Mengandung banyak serat

Dibanding roti tawar, roti gandum memiliki penuh serat hingga 3 atau 4 gram. Sedangkan roti tawar lazimnya mengandung satu gram per porsinya.

Serat berguna bagi kesehatan kita secara menyeluruh, karena dapat membantu kesehatan pencernaan, meredakan sembelit, dan membantu memajukan gula darah.

Ilustrasi roti gandum (Shutterstock)

3. Mengandung lebih penuh nutrisi

Mengucapkan Juga: Punya Penuh Nutrisi, Ini Manfaat Biji Kembang Matahari Untuk Tubuh

Terdapat bekatul dan kuman di dalam tepung gandum utuh, yang memiliki konsentrasi vitamin lebih tinggi daripada endosperm.

Bekatul merupakan sumber utama biji-bijian yang mengandung serat, vitamin B, tukul, magnesium, dan seng. Sedangkan kuman mengandung vitamin B, vitamin E, dan antioksidan.

“Tetapi, roti tawar seringnya dibuat dengan tepung yang diperkaya, ” kata Stacey Pence, lihai gizi terdaftar di The Ohio State University Wexner Medical Center.

Berarti, sambungnya, nutrisi seperti vitamin B dan zat besi ditambahkan kembali ke tepung setelah melalui proses pemurnian.

Meski begitu, Pence merekomendasikan untuk mencari label yang mengatakan 100% gandum utuh untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan semua manfaat kesehatan tubuh.

Releated

Hits: Antibodi Pasien Sembuh dari Covid-19, Vaksinasi Presiden Gagal?

Pandangan. com – Sebuah fakta mengakui ditemukan oleh para peneliti yang menyebut bahwa antibodi pasien sembuh dari Covid-19 lebih baik dibanding suntikan vaksin. Apa alasannya? Kemudian, hari ini viral sebuah tulisan terbuka yang meminta pemerintah meneruskan proses vaksinasi virus Corona buat presiden Joko Widodo, karena dianggap gagal. Dalam surat yang beredar di media sosial WhatsApp, tercantum…