Doni Monardo Ingin Indonesia Bebas Covid-19 17 Agustus 2021, Realistiskah?

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SDY 2020 – 2021.

Suara. com – Ketua Dasar Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo menargetkan Indonesia bisa bebas dari pandemi Covid-19 pada Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2021.

Pernyataan tersebut diungkapkan Doni Monardo saat menggelar Rapat Koordinasi Satuan Tugas Pengerjaan Covid-19 pada Minggu (14/2/2021) kemarin.

“Target kita adalah pada perayaan 17 Agustus yang akan datang, maka kita betul-betul harus bebas dari Covid-19. Artinya Covid-19 dalam posisi dengan bisa dikendalikan, ” kata Doni disiarkan YouTube Pusdalops BNPB.

Lantas, realistiskah target Doni Monardo itu? Menyikapi hal tersebut, epidemiolog dari Universitas Indonesia Pandu Riono meragukan target pemerintah terkait pandemi Covid-19 bakal terkendali pada 17 Agustus.

Baca Juga: Doni Monardo Targetkan RI Selamat Corona 17 Agustus, Pakar: Tak Realistis!

Kepala BNPB Doni Monardo / [Foto BNPB]
Kepala BNPB Doni Monardo / [Foto BNPB]

Membuktikan menjelaskan, Pemerintah sebaiknya tidak menetapkan mengutarakan target wabah virus corona terkendali, mengingat kasus positif Covid-19 di Indonesia juga masih luhur.

“Tujuannya pak Doni ngomong gitu untuk apa, itu yang harus dipertanyakan. Apa sih maksudnya, kan gak pernah akurat, ” kata Membuktikan saat dihubungi suara. com, Selasa (16/2/2021).

Daripada membuat target tersebut, negeri disarankan agar lebih bekerja tulang untuk mengendalikan penularan infeksi dalam masyarakat.

“Lebih baik kerja mencapai sasaran itu yang lebih penting. Daripada dugaan mengakhiri pandemi, orang gak kira-kira tercapai. Jadi kita harus lebih banyak kerja keras. Negara asing memang sudah bisa kendalikan pandemi, tapi belum vaksinasi. Masih ada lockdown, ” tutur Pandu.

Pengajar dalam Fakultas Kesehatan Masyarakat UI tersebut menjelaskan, pengendalian Covid-19 tidak bakal cukup hanya dengan program vaksinasi. Tetapi dibutuhkan tindakan simultan dengan disiplin melakukan protokol kesehatan, testing, pelacakan, juga isolasi.

Baca Juga: Seluruh Keluarganya Positif Covid-19, Cinta Kuya Stres Sampai Nangis

Negara baru bisa dikatakan berhasil mengendalikan Covid-19 jika angka penularan di masyarakat juga menurun, jelas Pandu.

Releated

Mainkan Prize Hongkong Yang Diinginkan

Jika Dikau ingin bersenang-senang pada Internet, Anda dapat mencoba bermain Pools online Hong Kong. The Hong Kong Pools sangat supel. Ada beberapa sifat di dalam permainan yang membuatnya amat seru. Sgp hari ini . The Hong Kong Pools mengijabkan beberapa permainan. Apa-apa pun yang Kamu cari, Anda akan menemukannya di ruang permainan. Gambar situ hongkong […]