Jangan Mengucek Mata Saat Gatal, Ini Bahayanya

Info seputar HK Prize 2020 – 2021.

Suara.com – Saat mata gatal, seringkali kita refleks menggaruk atau bahkan mengucek dengan tangan. Padahal tindakan itu sangat tidak dianjurkan karena bisa memperparah kondisi mata. Terutama jika mata memang sudah memerah.

“Kalau memang awalnya mata merah, pasti akan bikin mata tambah merah karena kucekan itu sendiri sedikit banyak memberikan trauma di area selaput mata,” jelas Dokter spesialis mata dr. Anissa Nindhyatriayu BMedSc (Hans), Sp.M., dikutip dari siaran langsung Instagram bersama Rumah Sakit Universitas Indonesia, Rabu (24/2/2021).

Terlebih jika kuku tangan terlalu panjang bisa menambah risiko mata jadi lecet. Menurut dokrer Anissa, kondisi cukup sering dialami oleh perempuan. Masalah ketiga jika mengucek mata juga bisa menyebabkan masuknya kuman yang terbawa dari tangan. 

“Kalau tidak terbiasa cuci tangan rutin di setiap kesempatan, justru tangan kita membawa banyak sekali kuman. Jadi dengan kita mengucek mata justru mengekspos mata dengan kuman tersebut, yang ada malah jadi tadinya mata merah hanya karena mata kering justru jadi berkembang infeksi matanya,” papar dokter Anissa.

Baca Juga: Vicky Prasetyo Alami Mata Merah dan Berair, Benarkah Gejala Virus Corona?

Ilustrasi mengucek mata. (Shutterstock)

Daripada menguceknya, Ia menyarankan jika mata gatal atau terasa kering lebih baik membasuh dengan artificial tears atau obat tetes mata. Jika mata tidak kunjung membaik atau bahkan bertambah buruk dengan mengganggu penglihatan atau bertambah merah, baru segera lakukan pemeriksaan ke dokter. 

“Kalau disertai dengan penurunan penglihatan dalam arti pandangan jadi buram, itu sebaiknya memang diperiksakan ke dokter karena banyak kemungkinan yang terjadi dengan penurunan penglihatan,” jelasnya.

Berbagai faktor bisa terjadi hingga menyebabkan gangguan penglihatan. Salah satu kemungkinannya bisa terjadi infeksi yang lebih berat.

“Atau suatu infeksi lain di bola mata, itu yang membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut. Mau nggak mau harus datang ke dokter,” kata dokter Anissa.

Baca Juga: Kondisi Vicky Prasetyo Positif COVID-19: Mata Merah dan Berair, Badan Lemas

Releated

Bintang Lotto Mengubah Tips Hidup Mereka

Di Amerika Serikat dengan program Pilih 3 undian per perian tidak ada peri. Untuk meningkatkan tersendat menang, ini merupakan dukungan utama dengan disediakan dalam Kabar HK internet. Sejumlah pemain telah memproduksinya untuk memenangkan kenang-kenangan Data HK yang besar. Orang-orang ketika ini kemelitan bagaimana mereka bisa menjadi jackpot jutaan mata uang yang mereka impikan; mereka kemelitan […]