Keadaan Psoriasis Sedunia, Kenali Enam Jenis Penyakit Kulit Bersisik Ini

Keadaan Psoriasis Sedunia, Kenali Enam Jenis Penyakit Kulit Bersisik Ini

Suara. com – Berdasarkan keterangan organisasi kesehatan dunia atau WHO, diperkirakan jumlah penderita psoriasis di setiap negara di dunia menyentuh 1 hingga 3 persen sebab total jumlah penduduk.

Mirisnya, masih banyak diantara kita yang belum tahu apa tersebut psoriasis. Shingga setiap 29 Oktober diperingati sebagai Hari Psoriasis Sedunia atau World Psoriasis Day untuk meningkatkan pengetahuan ini.

Beberapa waktu lalu dalam diskusi bersama media, Dokter Spesialis Kulit dr. Ariani Astasari Widodo, Sp. KK menjelaskan jika psoriasis adalah penyakit yang disebabkan autoimun, genetik, adan akibat faktor dunia.

Keburukan kulit ini ditandai dengan plak merah dengan sisik putih, pantat dan tebal. Ia juga menetapkan jika penyakit ini tidaklah menular.

Baca Juga: Hampir Serupa, Begini Jalan Membedakan Penyakit Kulit Eksim serta Psoriasis

“Perlu diluruskan, bahwa psoriasis bukan penyakit yang menular. Tersebut sangat penting untuk edukasi bangsa, agar penderita psoriasis tidak dikucilkan. Seseorang tidak akan mendapat psoriasis apabila kontak, menyentuh, maupun berenang bersama seseorang dengan penderita psoriasis, ” tegas dr. Ariani pada awak media beberapa waktu berarakan.

Ilustrasi perempuan menderita penyakit kulit, psoriasis. (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan menderita penyakit kulit, psoriasis. (Shutterstock)

Sistem kekebalan tubuh dengan tidak normal atau autoimun menerbitkan sel imun malah menyerang sel kulit diri sendiri. Alhasil, tubuh malah membentuk semakin banyak sel kulit, akibatnya sel kulit mati semakin banyak tumbuh di permukaan kulit, kulit bersisik jadi ciri utama seseorang dengan psoriasis.

“Psoriasis umumnya diturunkan, tetapi tetap mungkin jika seseorang yang tidak memiliki riwayat psoriasis dalam keluarga atau tidak memiliki gen spesifik, mengalami psoriasis.

Faktor lingkungan sangat berpengaruh dalam mencetuskan psoriasis dan eksaserbasi (kekambuhan) psoriasis, ” papar dermatologis lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) ini.

Hari Psoriasis Sedunia, Kenali Enam Jenis Penyakit Kulit Bersisik Ini - 2
Ilustrasi psoriasis. (Shutterstock)

Psoriasis memang tidak bisa disembuhkan, namun bisa timbul dan mereda bergantung pada faktor pencetus kekambuhan terjadi. Saat psoriasis kambuh, bisa terjadi selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan, tapi bisa juga mereda.

Baca Juga: Gara-Gara Ciuman, Wanita Ini Langsung Penyakit Kulit yang Tak Bisa Disembuhkan

Berikut beberapa faktor pasal psoriasis atau pencetus kekambuhan psoriasis, yang perlu diwaspadai:

Releated

Lokasi Populer untuk Dikunjungi saat Liburan di Kaluaran

Kepulauan Penerbitan terletak di Pasifik Selatan, di kira-kira ekuator Australia. Darat terbesar dari keluarga ini, Vanuatu, terletak di Pasifik Daksina dan merupakan wisma bagi sekitar setengah dari populasi daratan yang berpenghuni. Itu adalah pulau tropis dan memiliki drainase laut dan bumi. Pemukiman utama ialah Santo terletak dalam pantai utara daratan, Mai Tai terletak di pantai […]