Lebih Sehat, 6 Makanan Ini Sebaiknya Dikonsumsi Mentah

Lebih Sehat, 6 Makanan Ini Sebaiknya Dikonsumsi Mentah

Suara.com – Untuk alasan keamanan dan kesehatan, sebagian besar makanan yang kita santap haruslah dalam kondisi masak atau matang. Tapi ternyata, ada beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi mentah lantaran lebih menyehatkan.

Ini dia 6 makanan yang sebaiknya dikonsumsi mentah, seperti dilansir dari The Healthy.

1. Brokoli

Ilustrasi brokoli (Freedigitalphotos/Satit Shirin)
Ilustrasi brokoli (Freedigitalphotos/Satit Shirin)

Manfaat brokoli untuk kesehatan, pasti sudah banyak yang tahu. Tapi, mungkin hanya sedikit orang yang tahu bahwa sayur ini lebih baik jika dikonsumsi mentah daripada dimasak. Brokoli mengandung senyawa antioksidan yang disebut sulforaphane dalam jumlah tinggi, yang dapat membantu mencegah kanker, diabetes tipe 2, penyakit jantung, peradangan, dan depresi. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2008 di Journal of Agricultural Food and Chemistry menemukan bahwa tubuh kita menyerap sulforaphane lebih cepat saat brokoli dikonsumsi mentah daripada dimasak.

Studi lain dari tahun 2009 menemukan bahwa memasak sayuran dengan berbagai cara — termasuk menggunakan microwave, merebus, dan menumis — dapat menurunkan kadar vitamin C-nya.

Jika Anda tidak tahan membayangkan makan brokoli mentah, cobalah mengukusnya. Metode memasak ini memiliki pengaruh paling kecil terhadap kandungan nutrisi makanan.

2. Bawang Bombay

Bawang bombay punya banyak manfaat bagi kesehatan. (Shutterstock)
Ilustrasi Bawang bombay. (Shutterstock)

Bawang Bombay sarat dengan manfaat kesehatan, termasuk melawan kanker, berkat konsentrasi flavonoid quercetin yang tinggi. “Saat dimakan mentah, Anda memaksimalkan khasiat bawang melawan kanker,” kata Ashley Walter, ahli gizi sekaligus koki.

“Memasak mengurangi manfaat fitokimia dalam bawang yang melawan kanker,” katanya lagi.

Terlebih lagi, bawang bombay termasuk dalam keluarga allium, yang artinya bawang bombay mengandung agen antiplatelet yang dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa ketika bawang mentah dipanaskan dalam oven, sifat sehat jantung tersebut benar-benar hilang dalam 30 menit atau kurang, tergantung pada apakah bawang tersebut utuh, dipotong-potong, atau dihancurkan.

Releated

Lokasi Populer untuk Dikunjungi saat Liburan di Kaluaran

Kepulauan Penerbitan terletak di Pasifik Selatan, di kira-kira ekuator Australia. Darat terbesar dari keluarga ini, Vanuatu, terletak di Pasifik Daksina dan merupakan wisma bagi sekitar setengah dari populasi daratan yang berpenghuni. Itu adalah pulau tropis dan memiliki drainase laut dan bumi. Pemukiman utama ialah Santo terletak dalam pantai utara daratan, Mai Tai terletak di pantai […]