Memahami Andropause, Menopause yang Terjadi dalam Pria

Memahami Andropause, Menopause yang Terjadi dalam Pria

Suara. com – Bukan hanya perempuan, pria selalu bisa mengalami menopause. Kondisi menopause pada pria sering kali dikenal dengan andropause.

Melansir dari Helathline , menopause pria melibatkan penurunan produksi testosteron pria yang berusia 50 tahun atau lebih. Testosteron pria diproduksi di testis di mana mendorong gairah seks, perubahan selama pubertas, memengaruhi mental, fisik, hingga otot.

Menopause pria berbeda dengan menopause perempuan karena tidak seluruh pria bisa mengalaminya. Berikut merupakan beberapa gejala yang umum terjadi pada andropause, antara lain:

– Gaya rendah
– Depresi ataupun kesedihan
– Motivasi meluncur
– Menurunkan kepercayaan diri
– Kesulitan berkonsentrasi
– Insomnia atau kesulitan tidur
– Peningkatan lemak awak
– Berkurangnya massa urat dan perasaan lemah fisik
– Ginekomastia, atau perkembangan susu
– Kepadatan tulang menurun
– Disfungsi ereksi
– Libido berkurang
– Infertilitas

Baca Selalu: Kenali Tanda Vulvovaginal Atrophy, Kondisi Penuaan Pada Bagian Vagina

Anda mungkin juga mengalami payudara bengkak atau lunak, ukuran testis berkurang, rambut rontok, ataupun hot flashes.

Kadar testosteron rendah dengan terkait dengan andropause juga  dikaitkan dengan osteoporosis. Kondisi ini adalah kondisi dimana tulang Anda menjelma lemah dan rapuh yang biasanya mempengaruhi pria pada usia dengan sama dengan perempuaan saat memasuki masa menopause.

Ada beberapa jenis perawaatn andropause untuk tetap menjaga kesehatan fisik dan mental. Dalam situasi ini membuat pilihan gaya hidup yang lebih sehat bisa menjadi salah satu kunci. Menurut Healthline , berikut kaum pola hidup sehat yang kala kali disarankan untuk pria dengan mengalami andropause, antara lain:

– Makan makanan yang sehat
– Berolahragalah secara teratur
– Tidur cukup
– Kurangi stres

Setelah menerapkan kebiasaan sehat tersebut, pria yang mengalami gejala andropause mungkin dapat melihat perubahan dramatis pada kesehatan secara keseluruhan.

Mengaji Juga: Siapa tahu Petunjuk Kanker, 4 Jenis Pendarahan Kemaluan Ini Harus Diwaspadai!

Releated

Hits: Antibodi Pasien Sembuh dari Covid-19, Vaksinasi Presiden Gagal?

Pandangan. com – Sebuah fakta mengakui ditemukan oleh para peneliti yang menyebut bahwa antibodi pasien sembuh dari Covid-19 lebih baik dibanding suntikan vaksin. Apa alasannya? Kemudian, hari ini viral sebuah tulisan terbuka yang meminta pemerintah meneruskan proses vaksinasi virus Corona buat presiden Joko Widodo, karena dianggap gagal. Dalam surat yang beredar di media sosial WhatsApp, tercantum…