Membiasakan dari Diego Maradona, Ini 7 Langkah Pencegahan Hematoma Subdural!

Membiasakan dari Diego Maradona, Ini 7 Langkah Pencegahan Hematoma Subdural!

Info seputar HK Hari Ini 2020 – 2021.

Suara. com – Diego Maradona meninggal dunia karena serangan jantung pada Rabu (25/11/2020). Sebelum wafat, legenda sepak bola ini sudah menjalani operasi hematoma subdural yang serius semasa hidupnya.

Seperti yang diketahui, hematoma subdural juga disebut perdarahan otak subdural yang terjadi diantara dua lapisan otak, yakni lapisan arachnoidal dan lapisan dura (meningeal).

Hematoma subdural termasuk masalah yang mengancam hayat karena bisa menekan otak. Biasa kasus, perdarahan subdural terjadi kelanjutan trauma pada kepala yang merusak pembuluh darah di dalam meninges.

Ada banyak faktor yang bisa menerbitkan hematoma subdural, termasuk kecelakaan, terbenam, kebiasaan konsumsi alkohol hingga obat-obatan terlarang.

Baca Selalu: Sekolah selama Pandemi, IDAI Sarankan 15 Protokol Kesehatan tubuh Ini Terpenuhi!

Kecelakaan, termasuk luka kepala merupakan penyebab utama moralitas pada orang muda. Tapi dilansir dari Health Harvard , banyak kasus hematoma subdural yang masih bisa dicegah dengan tindakan pencegahan atau peralatan keselamatan sederhana.

Diego Maradona dan mantan kekasihnya Rocio Olivia (BIMA SAKTI / AFP)
Diego Maradona & mantan kekasihnya Rocio Olivia (BIMA SAKTI / AFP)

Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk mencegah cedera kepala:

  1. Jika Anda minum alkohol, minumlah dalam jumlah secukupnya. Jangan pernah mengemudi dalam kondisi cukup mengonsumsi alkohol atau menggunakan narkoba.
  2. Jika pekerjaan Anda cukup berat dan berisiko, pastikan pakai peralatan keselamatan kerja yang lengkap dan sesuai standar.
  3. Jangan pernah bekerja pada tempat tinggi bila merasa pusing, sedang minum alkohol dan menggunakan obat yang pengaruhi keseimbangan.
  4. Periksakan penglihatan secara teratur, karena penglihatan yang buruk mampu meningkatkan risiko jatuh dan kecelakaan.
  5. Hindari membersihkan rumah atau apartemen sendirian bila Kamu termasuk orang dewasa tua atau lansia. Karena, ini bisa meningkatkan risiko terjatuh.
  6. Jika Anda merasa kaki tidak tetap atau sakit, gunakanlah tongkat jadi alat bantu berdiri dan berlaku.
  7. Jika Anda bermain sepak bola dan mengalami cedera kepala parah, istirahatlah sejenak buat penyembuhan sebelum bermain lagi.

Penyembuhan total pada cedera kepala biasanya memakan waktu sampai 15 hari. Tapi, luka kepala yang berulang bisa menjadikan lebih banyak pendarahan.

Releated