Menonton Program TV soal Keindahan Kawasan Dapat Mengurangi Emosi Negatif

Menonton Program TV soal Keindahan Kawasan Dapat Mengurangi Emosi Negatif

Suara. com – Meski saat ini tak banyak, program TV yang mengangkat kearifan lokal dan pengkajian keindahan alam masih mendapat tempat di hati penonton. Lewat acara itu, penonton bisa merasa bertambah dekat dengan destinasi traveling cantik yang disuguhkan.

Tak hanya memanjakan sembrono, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan hari ini di Journal of Environmental Psychology , menonton program TV perkara keindahan alam yang berkualitas mampu meningkatkan suasana hati dan menekan emosi negatif.

Selain itu juga membantu mengurangi jenis kebosanan yang terkait secara terisolasi di dalam ruangan.

Penelitian biar menunjukkan bahwa menonton alam cantik di dalam realitas virtual dapat menyerahkan manfaat yang lebih besar, memajukan perasaan positif dan meningkatkan ikatan orang-orang dengan alam.

Baca Juga: Manfaat Olahraga: Tingkatkan Kemampuan Kognitif, Sejarah, dan Suasana Hati

Dilansir daripada Science Daily , para peneliti dari University of Exeter melakukan studi dengan mendatangkan perasaan bosan pada 96 partisipan. Peneliti meminta mereka menonton video di mana seseorang menggambarkan order mereka di sebuah perusahaan peralatan kantor.

Keindahan alam bawah laut Bunaken, Sulut. [shutterstock]
Keindahan alam lembah laut Bunaken, Sulut. [shutterstock]

Mereka kemudian disuguhkan pemandangan terumbu jalin bawah air dengan salah mulia dari tiga cara berbed, yaitu di TV, VR menggunakan video 360o dengan headset, dan di dalam headset VR menggunakan grafik interaktif yang dihasilkan komputer.

Tim menemukan bahwa semua metode menonton meminimalkan perasaan negatif seperti kesedihan, serta menekan kebosanan secara signifikan. Namun, cuma pengalaman realitas maya interaktif dengan menyebabkan peningkatan perasaan positif, seperti kebahagiaan, dan memperkuat bagaimana perasaan orang terkait dengan alam.

Nicky Yeo, peneliti utama dalam studi tersebut, membenarkan bahwa temuan tersebut dapat memiliki implikasi penting bagi populasi yang menghadapi waktu lama di panti, seperti kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

“Hasil kami menunjukkan bahwa cuma dengan menonton alam di TV dapat membantu mengangkat suasana miring orang dan memerangi kebosanan, ” ujarnya.

Baca Serupa: Psikiater: Emosi Pasti atau Emosi Negatif, Semua Penting Bagi Manusia

Tim bekerja secara Unit Sejarah Alam BBC untuk menciptakan kondisi eksperimental mereka, dengan menampilkan beberapa adegan dari cahaya Blue Planet II, termasuk rekaman 360o yang tak terlihat.

Releated

Hits: Antibodi Pasien Sembuh dari Covid-19, Vaksinasi Presiden Gagal?

Pandangan. com – Sebuah fakta mengakui ditemukan oleh para peneliti yang menyebut bahwa antibodi pasien sembuh dari Covid-19 lebih baik dibanding suntikan vaksin. Apa alasannya? Kemudian, hari ini viral sebuah tulisan terbuka yang meminta pemerintah meneruskan proses vaksinasi virus Corona buat presiden Joko Widodo, karena dianggap gagal. Dalam surat yang beredar di media sosial WhatsApp, tercantum…