Orangtua Harus Waspada, Ini 9 Sifat Bipolar pada Anak

Jackpot hari ini Result SGP 2020 – 2021.

Suara. com – Meski terdengar janggal, nyatanya anak kecil pun sudah bisa mengidap gangguan bipolar, lho. Dengan keahlian ciri dari gangguan ini semenjak kecil, orangtua bisa melakukan beberapa cara untuk menghindari efek negatifnya yang lebih besar di kala depan. Sama seperti gangguan bipolar orang dewasa, bipolar pada bujang juga menyebabkan perubahan suasana miring dari tingkat hiperaktif atau mania (ceria) yang tinggi ke tingkat depresi (sedih) serius.

Nyatanya, anak-anak memang kerap mengalami emosi yang naik-turun. Akan tetapi, jika hal ini terjadi sampai mengganggu kehidupannya serta menyebabkan masalah, maka orangtua harus mewaspadai hal ini dan menyikapinya dengan lebih serius. Kali itu, theAsianparent membagikan beberapa ciri-ciri usikan bipolar pada anak yang harus diketahui orangtua:

1. Perilaku hiperaktif, impulsif, dan agresif
Anak-anak yang memiliki gejala bipolar lazimnya memiliki perilaku yang tidak cepat secara sosial, seperti hiperaktif, impulsif atau tidak memikirkan dampak sejak perbuatannya, dan agresif atau suatu emosi yang meluap-luap.

2. Tabiat berisiko dan sembrono yang bertentangan dengan karakter sehari-harinya
Satu diantara ciri bipolar selanjutnya merupakan perubahan karakter yang tiba-tiba, misalnya anak menjadi lebih sembrono dan menjadi berperilaku lebih berisiko daripada sebelumnya.

Baca Pula: Marshanda Pernah Coba Atasi Bipolar Tanpa Pengobatan, Apakah Bisa?

3. Perubahan situasi hati yang parah
Saat anak terindikasi mengidap bipolar, biasanya ia akan mempunyai perubahan suasana hati yang parah dan berbeda dari perubahan situasi hati yang biasa.

4. Insomnia
Insomnia dan gejala sulit tidur bisa menjadi ciri dari bipolar pada bani.

5. Sulit berkonsentrasi
Anak kecil memang memiliki rentang konsentrasi yang terbatas. Akan namun, jika ia tidak memiliki penguasaan untuk berkonsentrasi terhadap apapun, bisa jadi ini menjadi salah mulia ciri bipolar pada dirinya selain dari fluktuasi emosi yang telah disebutkan di atas.

6. Memiliki picik atau keinginan bunuh diri
Salah satu hal dengan cukup signifikan dari anak bipolar adalah memiliki pikiran dan rencana untuk bunuh diri. Jika bujang sampai memiliki pikiran seperti ini, orangtua harus segera melakukan ancangan secara intensif, dan kalau perlu minta bantuan profesional.

7. Merasakan dirinya lebih baik dibandingkan anak lainnya
Ciri bipolar lainnya adalah anak kerap ngerasa dirinya lebih baik dibandingkan dengan anak lain sebayanya.

Baca Juga: Sering Disalahartikan Bipolar, Ketahui Fakta Usikan Kepribadian Ambang!

8. Mudah tersinggung
Anak secara gejala bipolar umumnya memiliki situasi hati yang tertekan atau mudah tersinggung hampir sepanjang hari.

Releated