Pandai Temukan Kanker Ganas Pada Fosil Dinosaurus Centrosaurus

Pandai Temukan Kanker Ganas Pada Fosil Dinosaurus Centrosaurus

–>

Suara. com – Temuan anyar para peneliti Kanada ungkap kalau dinosaurus juga bisa mengalami kanker ganas. Penelitian itu dilakukan terhadap fosil dinosaurus bertanduk yang dikenal Centrosaurus.

Fosil dinosaurus itu sebenarnya sudah ditemukan sejak 1989 di tanah tandus Dinosaur Provincial Park, daerah Alberta, Kanada. Ilmuwan melihat tangkas kaki yang cacat parah & mengira itu hanya patah terampil yang sembuh.

Namun penelitian yang diterbitkan pada jurnal Lancet Oncology menyebutkan kalau ada sesuatu yang berbeda. Peneliti menyimpulkan Centrosaurus itu mengalami malformasi. Yakni, bentuk dari osteosarkoma ataupun kanker tulang yang agresif.

Kanker ganas pada fosil dinosaurus. (Reuters)
Kanker ganas pada fosil dinosaurus. (Reuters)

Hewan yang hidup 76 juta tahun yang lalu itu menjadi meniru dinosaurus pertama yang diketahui menderita kanker ganas.

Centrosaurus termasuk jenis dinosaurus Cretaceous periode pemakan tumbuhan berkaki empat yang memiliki tanduk lama di atas hidungnya dan tangkas di atas leher, juga besar tanduk berkait yang lebih mungil.

Terampil paleontologi David Evans dari Serba banyak Ontario Museum di Toronto mengantarkan bahwa pada tulang kaki bagian bawah Centrosaurus fibula terdapat tumor gnarly yang bentuknya lebih besar dari apel.

“Centrosaurus ini kemungkinan lembek dan dilumpuhkan oleh kanker sebelum kematiannya, ” kata Evans dikutip dari Channel News Asia.

Menurutnya, ini temuan luar biasa karena telah meyakinkan bahwa sebesar atau kuat apapun dinosaurus, tetap dipengaruhi dengan banyak penyakit yang sama seperti di manusia dan hewan lain era ini.

“Dinosaurus tampak seperti binatang mitos, tetapi mereka hidup, bernapas, menderita melalui luka dan penyakit dengan mengerikan, ” ucap Evans.

Namun, kausa sebagian besar tumor terjadi di jaringan lunak yang tidak siap menjadi fosil, ada sedikit bahan mengenai kanker dalam catatan fosil.

Releated

Hits: Antibodi Pasien Sembuh dari Covid-19, Vaksinasi Presiden Gagal?

Pandangan. com – Sebuah fakta mengakui ditemukan oleh para peneliti yang menyebut bahwa antibodi pasien sembuh dari Covid-19 lebih baik dibanding suntikan vaksin. Apa alasannya? Kemudian, hari ini viral sebuah tulisan terbuka yang meminta pemerintah meneruskan proses vaksinasi virus Corona buat presiden Joko Widodo, karena dianggap gagal. Dalam surat yang beredar di media sosial WhatsApp, tercantum…