Pasien Covid-19 Kekurangan Oksigen Tapi Belum Tentu Sesak Napas, Kok Mampu?

Pasien Covid-19 Kekurangan Oksigen Tapi Belum Tentu Sesak Napas, Kok Mampu?

–>

Suara. com – Sesak napas jadi salah satu gejala orang terinfeksi virus corona Covid-19. Namun dokter mengutarakan, tidak semua orang yang melempem Covid-19 akan bergejala.

Sekalipun bergejala, belum tentu pasien Covid-19 merasakan penuh napas. Kok bisa?

Dokter spesialis paru dr. Erlina Burhan menjelaskan bahwa pasien Covid-19 bisa mengalami gejala hipoksia.

Hipoksia ialah kondisi di mana darah telah kekurangan oksigen. Normalnya, jika itu terjadi, tubuh akan sulit bernapas.

Mencegah virus Corona Covid-19 dengan menggunakan masker di bandara. (Shutterstock)
virus corona. (Shutterstock)

Tetapi karena paparn virus corona di dalam tubuh sinyal yang harusnya sampai ke otak jadi terhambat.

“Karena infeksi virus yang cukup luas bisa menghambat sinyal ke otak untuk memberitahu bahwa darah kita kekurangan oksigen. Wajarnya kalau kita kekurangan oksigen, misalnya saat berolahraga, otak hendak memerintahkan tubuh untuk mengambil oksigen sebanyak mungkin dengan bernapas bertambah cepat, ” jelas Erlina pada webinar bersama Kemenkes, Jumat (4/9/2020).

Ia menambahkan, infeksi virus corona menerbitkan imflamasi dalam tubuh sehingga menghambat kerja pada otak.

Nampak luar, pasien Covid-19 tidak terlihat kesulitan bernapas meskipun ia mengalami gejala yang asing. Tetapi justru kondisi itu yang bisa membahayakan.

“Pasien tidak sesak, kelihatannya happy saja, tapi sebetulnya padahal mengalami hipoksia atau kekurangan oksigen. Dan ini berbahaya karena di waktu dekat akan mengalami kehilangan kesadaran, ” ujarnya.

Hipoksia tidak bisa dialami oleh orang tanpa fakta, lanjut Erlina. Gejala lain seolah-olah batuk dan demam kemungkinan dialami tapi tidak ada sesak.

Releated

Bintang Lotto Mengubah Tips Hidup Mereka

Di Amerika Serikat dengan program Pilih 3 undian per perian tidak ada peri. Untuk meningkatkan tersendat menang, ini merupakan dukungan utama dengan disediakan dalam Kabar HK internet. Sejumlah pemain telah memproduksinya untuk memenangkan kenang-kenangan Data HK yang besar. Orang-orang ketika ini kemelitan bagaimana mereka bisa menjadi jackpot jutaan mata uang yang mereka impikan; mereka kemelitan […]