Pengkaji Brasil: Orang yang Tolak Memakai Masker Punya Sifat Antisosial

Pengkaji Brasil: Orang yang Tolak Memakai Masker Punya Sifat Antisosial

Suara. com – Memakai masker adalah langkah penting yang harus dilakukan selama pandemi virus corona Covid-19. Cara ini bisa membantu melindungi kita dan orang asing di sekitar dari virus corona Covid-19.

Sayangnya, ada beberapa orang dengan justru menentang aturan memakai kedok. Mereka beranggapan memakai masker membuatnya sulit bernapas, mendapat sedikit oksigen, dan hanya sekadar konspirasi.

Padahal sejumlah pengkajian telah menunjukkan bahwa memakai kedok bisa mengurangi risiko infeksi dengan persentase yang besar.

Sebuah penelitian pada Brasil menemukan bahwa orang dengan tidak memakai masker tidak hanya membuat orang lain berisiko tertular virus corona. Tetapi, mereka pula menunjukkan perilaku antisosial.

Baca Juga: Pakai Masker tapi Tetap Terciduk, Ulah Pemotor Ini Bikin Heran

Faktanya dilansir dari Times of India , penelitian itu juga menemukan obat yang tak memakai masker atau antimasker lebih cenderung memiliki perilaku menipu, berpuas diri, dan egois.

Penelitian pertama sudah menganalisis pola perilaku 1. 500 orang usia 18 dan 73 di Amerika Latin. Saat itu, para peserta diberi serangkaian kuis yang menguji kemampuannya bertindak bersandarkan hati dan tanggapannya mengenai perkara perilaku sosial.

Ilustrasi masker (Unsplash)
Ilustrasi masker (Unsplash)

Mereka pun ditanya mengenai strategi perlindungan diri dari virus corona Covid-19, termasuk memakai masker.

Setelah analisis, peserta dibagi menjadi 2 kategori, yakni orang yang antisosial dan kelompok dengan patuh. Kelompok antisosial adalah orang yang tidak mendukung tindakan isolasi mandiri dan tidak patuh kepada aturan melindungi diri dari virus corona.

Sedangkan, kelompok patuh terdiri dari orang tang taat menjalani peraturan perlindungan diri dari virus corona, seperti memakai masker, mencuci lengah, dan lain-lain.

Baca Serupa: Ilmuwan Ungkap Jenis Bahan Masker Wajah Buatan Sendiri Paling Efektif

Setealah dievaluasi, orang dalam kategori antisosial memiliki nilai lebih tinggi perihal perilaku dengan tidak berperasaan, egois, penipuan serta ketidakpatuhan.

Releated

Lokasi Populer untuk Dikunjungi saat Liburan di Kaluaran

Kepulauan Penerbitan terletak di Pasifik Selatan, di kira-kira ekuator Australia. Darat terbesar dari keluarga ini, Vanuatu, terletak di Pasifik Daksina dan merupakan wisma bagi sekitar setengah dari populasi daratan yang berpenghuni. Itu adalah pulau tropis dan memiliki drainase laut dan bumi. Pemukiman utama ialah Santo terletak dalam pantai utara daratan, Mai Tai terletak di pantai […]