Psikolog Sebut Generasi Sandwich Rentan Stres, Ini yang Bisa Dilakukan!

Psikolog Sebut Generasi Sandwich Rentan Stres, Ini yang Bisa Dilakukan!

Suara.com – Generasi sandwich adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang berada dalam himpitan tanggungjawab ekonomi terhadap orangtua, adik, dirinya sendiri hingga anaknya.

Mereka memiliki peran ganda yang tak jarang kerap mengalami rasa stres dan tertekan. Umumnya generasi sandwich adalah generasi dalam keluarga yang memberikan dukungan keuangan kepada generasi di atasnya seperti orangtua yang lansia, dan generasi di bawahnya yang belum menghasilkan uang.

Banyaknya kasus generasi sandwich di Indonesia, membuat psikolog Vera Itabiliana mengingatkan pentingya memerhatikan self care atau peduli pada diri sendiri.

“Harus diperhatikan kesehatannya, jangan sampai tumbang sakit dan ketika sakit siapa yang membiayai, jadi self care itu penting,” ujar Vera dalam peluncuran Polis Avrist Prime Hospital Surgical, Senin (31/8/2020).

Me time atau meluangkan waktu untuk diri sendiri bisa menjadi salah satu self care. Kata Vera, buat dirimu nyaman dengan melakukan hal yang disukai, atau satu hal yang membuat refreshing seperti keluar dari rutinitas sehari-hari.

“Masa pandemi ini bentuk me time-nya berbeda, kalau biasanya 2 jam ke salon. Sekarang 5 menit di kamar mandi cukup. Yang penting punya waktu untuk diri sendiri,” jelas Vera.

Perempuan lulusan Universitas Indonesia itu mengatakan self care seperti melakukan me time akan membuat para generasi sandwich ini mengambil nafas sejenak, atau jeda untuk beristirahat dari tekanan tanggungjawab yang selama ini dirasakan. 

Taking a break supaya ada jeda di antara kerusuhan mengurus semuanya, dan juga pastikan diri terlindungi,” tutupnya.

Releated

Hits: Antibodi Pasien Sembuh dari Covid-19, Vaksinasi Presiden Gagal?

Pandangan. com – Sebuah fakta mengakui ditemukan oleh para peneliti yang menyebut bahwa antibodi pasien sembuh dari Covid-19 lebih baik dibanding suntikan vaksin. Apa alasannya? Kemudian, hari ini viral sebuah tulisan terbuka yang meminta pemerintah meneruskan proses vaksinasi virus Corona buat presiden Joko Widodo, karena dianggap gagal. Dalam surat yang beredar di media sosial WhatsApp, tercantum…