Sayangi Kakek Nenek Anda, 10 Teknik Jaga Kesehatan Lansia di Kala Pandemi

Sayangi Kakek Nenek Anda, 10 Teknik Jaga Kesehatan Lansia di Kala Pandemi

–>

Suara. com – Tidak seperti kaum muda dengan lebih mudah menerima informasi, pada para lansia berkomunikasi harus basi sabar, menggunakan bahasa yang mungkin dipahami untuk menjelaskan.

Terlebih di kala pandemi Covid-19 lansia jadi karakter yang berisiko mengalami gejala mengandung, jadi kaum muda harus tolong menjaganya dengan mengedukasi mereka terkait kesehatan.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Geriatr, Dr. dr. Purwita Wijaya Molek, Sp. PD-KGer memberikan implementasi 5 Jaga dan 5 Cukup jadi kunci utama lansia tetap bugar selama pandemi Covid-19.

1. Jaga jarak
Salah utama protokol kesehatan karena penularan Covid-19 melalui droplet, maka jaga senggang 1 meter jadi satu kepatutan.

Dr. Purwita juga minta lansia menghindari bersalaman, jauhi orang sakit, bagian keluarga yang keluar rumah pastikan membersihkan diri sesampai di rumah.

“Misalnya tidak duduk atau menyentuh barang barang di rumah sebelum mandi dan keramas, mencuci pakaian dengan digunakan di luar rumah di kesempatan pertama, dan sebagainya, senantiasa menjaga jarak, dan tetap memakai masker meskipun berada di rumah, ” papar Dr. Purwita mencuaikan rilisnya kepada suara. com, Selasa (8/9/2020).

2. Jaga kebersihan
Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan giat mencuci tangan dengan air serta sabun atau hand sanitizier, saat ini harus selalu dilakukan.

Tetap rutin minum obat sesuai anjuran dokter dan berjemur di sinar matahari pagi.

“Setiap kala pendamping lansia akan membantu lansia melakukan aktivitas hidup sehari-hari, misalnya makan, mandi, berhias, berpakaian, dan berpindah, ia harus menggunakan masker dan cuci tangan terlebih awal. Sebaiknya pendamping tersebut tetap memelihara jarak ama, ” ungkap sinse yang berpraktik di RS Jambar Indah, Bintaro Jaya itu.

3. Jaga kontak sosial
Jika tidak memungkinkan jaga langkah, maka sebaiknya menghindar dari kerumunan atau perkumpulan dan kegiatan sosial.

Releated