Sehat dari Covid-19, Masih Perlu Rutin Cek Kesehatan?

Promo menarik pada undian Data HK 2020 – 2021.

Suara. com – Beberapa orang yang telah sembuh dari Covid-19 disebut masih kerap mengalami gejala. Bahkan isyarat itu muncul beberapa bulan setelah mereka sembu. h.

Salah satu gejala yang paling umum kelelahan serta rasa sesak yang terkadang tumbuh. Tentunya ini menjadi kekhawatiran. Sekaligus juga menjadi pertanyaan perlukah seorang yang telah sembuh dari Covid-19 melakukan cek kesehatan rutin?

Penyintas Covid-19 disarankan untuk rutin melakukan cek kesehatan tubuh secara berkala untuk memantau petunjuk sisa atau long covid dengan kemungkinan bisa terjadi.  

Dokter spesialis pulmonologi dan kesehatan respirasi dr. Agus Dwi Susanto. SP. P(K)., menyampaikan bahwa long covid rentan dialami oleh pasien Covid-19 dengan gejala berat dan kritis.

Baca Juga: Varian Baru Virus Corona Pengaruhi Vaksin dan Berita Populer Yang lain

Ilustrasi Covid-19 (Elements Envato)
Ilustrasi Covid-19 (Elements Envato)

“Pasien covid-19 khususnya yang menjalani jaga inap, apalagi sampai masuk perawatan intensif atau ICU, maka sepatutnya melakukan pemeriksaan fungsi organ dengan berkala kepada dokter, ” ucap dokter Agus dalam forum maya series ‘Kenapa Penyintas Bisa Alamiah Long Covid’, Jumat (22/1/2021).

Pemeriksaan kesehatan itu untuk memantau fungsi organ seperti paru, jantung, juga buah pasca terinfeksi Covid-19.

“Apakah ada sepadan sequelae atau suatu yang menetap pasca Covid-19. Itu harus ditangani kalau tidak tentu bisa kian parah, ” ujar dokter Agus.

Ketua Ijmal Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) itu mengatakan bahwa infeksi Covid-19, terutama yang bergejala berat, berisiko sebabkan komplikasi pada beberapa organ tubuh.

Secara patogenesis, Covid-19 menyebabkan kebobrokan paru, kerusakan pembuluh darah dengan gangguan pembekuan darah, dan kekacauan kardiovaskuler atau jantung.  

Baca Juga: Penyintas Covid Berisiko Alami Pengentalan Darah, Bisa Sebabkan Kematian?

“Itu adalah tiga komponen terbesar yang berhubungan dengan perjalanan sakit covid. Dari tiga komplikasi organ istimewa itu akan menimbulkan implikasi tinggi terhadap keluhan-keluhan yang menetap karena gangguan paru, gangguan pembekuan pembawaan, dan gangguan pada jantung, ” paparnya.

Releated