Total Dokter Meninggal Akibat Covid-19 dalam Indonesia Tembus 130 Kasus

Total Dokter Meninggal Akibat Covid-19 dalam Indonesia Tembus 130 Kasus

–>

Suara. com – Kabar duka kembali datang datang dari dunia medis Indonesia. Di dalam catatan Tim Mitigasi PB IDI per 3 Oktober 2020, setidaknya 3 dokter meninggal dalam 3 hari awal bulan ini.

Penambahan itu membuat total kematian dokter di Indonesia menjadi 130 kasus. Lantaran total kematian tersebut, dokter pria paling banyak mengorbankan nyawanya dengan persentasi sebesar 84, 6 upah atau sebanyak 110 dokter.

Sementara itu, persentase kematian dokter perempuan di Indonesia sebesar 15, 4 persen atau 20 dokter. Sepanjang masa pandemi, jumlah dokter yang terus berguguran relatif stagnan dari tiga kamar terakhir.

Jika dilihat dari sebaran provinsi provinsi, ke-130 dokter yang sudah gugur dalam perjuangan melawan Covid-19 tersebar di 18 provinsi di Indonesia, antara lain adalah masing-masing 1 dokter di Sulawesi Mengetengahkan, Banten dan Papua Barat, masing-masing 2 dokter di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Daerah Luar biasa Yogyakarta, masing-masing 3 dokter pada Riau dan Kalimantan Timur, per 4 dokter di Aceh, Sumatera Selatan dan Kalimantan Selatan, 5 di Bali, 6 di Sulawesi Selatan, 9 di Jawa Tengah, 11 di Jawa Barat, 19 di DKI Jakarta, 22 pada Sumatera Utara dan 31 dokter di Jawa Timur.

Data kematian dokter di Indonesia. (Dok: Tim Mitigasi IDI)
Bahan kematian dokter di Indonesia. (Dok: Tim Mitigasi IDI)

Dikutip dari ANTARA, bersandarkan profesi kedokterannya, dari total 130 dokter yang meninggal tersebut, 67 di antaranya dokter umum, termasuk 4 guru besar di dalamnya, sinse spesialis sebanyak 61 dengan 5 guru besar telah termasuk pada dalamnya dan 2 residen.

Sementara itu, berdasarkan data kematian per kamar, dari 130 dokter tersebut 12 dokter di antaranya meninggal di Maret, 13 dokter pada April, 6 dokter pada Mei, 10 dokter pada Juni, 29 sinse pada Juli, 32 dokter di dalam Agustus, 25 dokter pada September dan 3 dokter yang wafat pada Oktober.

Data kematian dokter di Indonesia. (Dok: Tim Mitigasi IDI)
Data maut dokter di Indonesia. (Dok: Awak Mitigasi IDI)

Di tengah lonjakan kasus Covid-19 yang masih terus meningkat, IDI meminta kepada seluruh masyarakat, terutama awak media, untuk tetap melakukan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah guna mencegah penularan Covid-19.

“Kami mohon rekan media tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam bertugas, seraya mengingatkan pada keluarga, rekan kerja, teman, ataupun orang terdekat lainnya untuk juga menerapkan protokol kesehatan tubuh dalam kehidupan sehari-hari, ” begitu bunyi pernyataan yang diterima Bahana. com.  

Releated

Bintang Lotto Mengubah Tips Hidup Mereka

Di Amerika Serikat dengan program Pilih 3 undian per perian tidak ada peri. Untuk meningkatkan tersendat menang, ini merupakan dukungan utama dengan disediakan dalam Kabar HK internet. Sejumlah pemain telah memproduksinya untuk memenangkan kenang-kenangan Data HK yang besar. Orang-orang ketika ini kemelitan bagaimana mereka bisa menjadi jackpot jutaan mata uang yang mereka impikan; mereka kemelitan […]