Uji Klinis Fase 3 Dimulai, MENODAI Siap Produksi 250 Juta Dosis Vaksin Corona

Uji Klinis Fase 3 Dimulai, MENODAI Siap Produksi 250 Juta Dosis Vaksin Corona

–>

Suara. com – Setelah melangsungkan simulasi, hari ini Selasa (11/8/2020),   pemerintah resmi memulai tes klinis fase 3 kandidat vaksin Covid-19 dari Tiongkok di RS Sadikin Bandung, Jawa Barat.

Uji Coba dimulai dengan dijalankannya skrining kesehatan dan pemberian vaksin Covid-19 di dalam sukarelawan (subjek).  

Tak tanggung-tanggung uji klinis ini dihadiri langsung oleh Pemimpin RI Joko Widodo, Menteri Lembaga Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Kesehatan, Kepala Lembaga POM RI Penny K. Lukito, dan lintas sektor terkait asing.

Gajah BUMN Erick Thohir mengatakan negeri sedang mempersiapkan fasilitas untuk membikin 100 juta dosis vaksin bohlam tahun. Bahkan akan dilakukan pengembangan kapasitasnya sebesar 150 juta jumlah per tahun, sehingga total menjadi 250 juta dosis.  

Petugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). [ANTARA FOTO/M Agung Rajasa]
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin pada relawan saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). [ANTARA FOTO/M Agung Rajasa]

“Penyediaan vaksin di Indonesia kini telah datang pada tahap uji klinis fase 3 yang dilakukan melalui kerja sama PT. Biofarma, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (UNPAD), serta Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan dengan pengawasan Badan POM, ” jelas Erick Thohir berdasarkan keterangannya, Selasa (11/8/2020)

Kepala Badan POM Penny K. Lukito memaparkan vaksin produksi perusahaan farmasi Tiongkok Sinovac ini masuk ke Indonesia menggunakan mekanisme persetujuan pemasukan obat carik khusus (Special Access Scheme).  

Penny juga menjelaskan bagaimana vaksin itu sudah melalui rangkaian uji pra klinis, uji klinis fase 1 dan 2 di Tiongkok ataupun China.

“Berdasarkan hasil yang diperoleh dari uji klinis tersebut, Badan POM sudah mengevaluasi dan menunjukkan hasil yang mendukung untuk dilakukan tahapan tes klinis berikutnya yaitu uji klinis fase 3, ” jelas Penny.

“Selain Indonesia, uji klinis fase III ini juga akan dan sedang dilaksanakan di Brazil, Chile, Bangladesh dan Turki, ” sambungnya.

Diharapkan tes klinis ini menghasilkan data terang, sehingga bisa dipertanggungjawabkan secara keilmuan, baik khasiat hingga keamanannya.

Releated

Lokasi Populer untuk Dikunjungi saat Liburan di Kaluaran

Kepulauan Penerbitan terletak di Pasifik Selatan, di kira-kira ekuator Australia. Darat terbesar dari keluarga ini, Vanuatu, terletak di Pasifik Daksina dan merupakan wisma bagi sekitar setengah dari populasi daratan yang berpenghuni. Itu adalah pulau tropis dan memiliki drainase laut dan bumi. Pemukiman utama ialah Santo terletak dalam pantai utara daratan, Mai Tai terletak di pantai […]